Sugeng Rawuh | Wilujeng Sumping | Selamet Dheteng | Rahajeng Rauh | Salamaik Datang | Horas | Mejuah-Juah | Nakavamo | Slamate Iyoma| Slamate Illai | Pulih Rawuh | Maimo Lubat |

Rute Perjalanan

Dari Bandung ke Kabupaten Sumedang dapat ditempuh melalui dua jalur (setahu kami si, ga tau lagi kalau ada jalur yang lain), pertama melalui terminal Cicaheum dan yang kedua melalui Pangkalan DAMRI di depan kampus UNPAD Dipati Ukur. Dari Cicaheum bisa naik bus antar kota jurusan Bandung – Cirebon turun di Sumedang langsung, atau angkutan umum midley dari Cicaheum ke Cileunyi (Cicaheum – Cileunyi), terus ambil angkot lagi dari Cileunyi ke Sumedang (angkot 04). Jalur kedua, dari Dipati Ukur naik bus DAMRI ke Jatinangor trus midley juga Cileunyi – Sumedang (angkot 04).


Perjalanan kami di mulai dari Bandung pada suatu pagi yang gerimis…sambil berdoa semoga hujan ga menyertai selama perjalanan, kami menjejakkan kaki kami di bus DAMRI jurusan Dipati Ukur – Jatinangor. Nunggu yang AC (pikirnya biar bisa ngirit bau sebelum perjalanan panjang, masa baru berangkat udah berkeringat dan bau, sampe Sumedang bisa terkapar orang yang nyium bau keringat itu, hehe) setengah mati lamanya, karena perkiraan waktu 2 sampai 2.5 jam ke Sumedang, takut kesiangan juga, akhirnya naik Non AC gapapalah.

DAMRI jurusan Dipati Ukur – Jatinangor itu berwujud bis kota, orang Surabaya nyebutnya bis kota, tapi di Bandung biasa disebut DAMRI, lokasi ngetemnya salah satunya didepan kampus UNPAD Dipati Ukur, makanya dulu kawan-kawan sering mlesetin nama UNPAD sebagai Universitas Pangkalan Damri (hehe, peace buat kawan-kawan UNPAD ^^). Nah, jurusan Dipati Ukur – Jatinangor ada dua macam, AC dan Non AC, yang non AC lewat tol Cileunyi langsung turun ke Jatinangor, sedang yang AC ga lewat tol, tapi lewat Ujung Berung. Estimasi waktunya sekitar 1 sampai 1.5 jam, ongkosnya Rp. 3.000,- (tiga ribu rupiah).

Waktu itu berangkat pukul 08.00 WIB dan nyampe sekira pukul 09.30 dan terima kasih, hari itu tidak hujan. Nyampe di Jatinangor, turun DAMRI langsung diserbu sama penggemar (wah ga nyangka juga ya, penggemarnya sampe Jatinangor..^^), ternyata saudara-saudara, para penggemar yang kami maksud adalah tukang ojeg yang bersedia mengantarkan kita kemaaaana aja asal matematikanya jelas ^^.


Akhirnya, dengan berat hati, kami tolak semua tawaran bapak-bapak itu karena kami pengen mampir dulu berputar-putar di UNPAD kampus Jatinangor. Bagian ini enaknya diskip apa dilanjut ya? Baiklah, sedikit diceritain lah, sayang kalo ga dijelasin. Dari turunan DAMRI sampai ke fakultas-fakultas UNPAD para pejalan kaki seperti kami dilindungi oleh trotoar berpayung sebagai kawan dikala panas dan hujan. Lumayan jauh sebetulnya dari pintu gerbang depan ke fakultas-fakultas (apalagi yang diujung atau diatas bukit Jatinangor itu), jadi tak salah kalau banyak tukang ojeg dan satu lagi fasilitas kampus, mobil angkutan mahasiswa. Karena kami jalan kaki jadi estimasi ongkosnya maap-map ya, kami kurang tau, tapi kalau tidak salah, ojeg kurang lebih Rp. 5000,- yang angkutannya kami tidak tau, nanti deh coba dicari tau.

UNPAD Jatinangor berada di atas tanah seluas 450 Ha. (katanya...^^) Yang berisikan 13 Fakultas (kalau tidak salah), yaitu Fakultas Kedokteran, Pertanian, Peternakan, MIPA, Teknik Geologi, Psikologi, FISIP, FIKOM, Teknologi Industri Pertanian, Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Sastra. Dari samping FIKOM sebetulnya ada situs yang menarik, sebuah jembatan kuno peninggalan Belanda kayaknya, cuma nyari jalan supaya bisa turun atau lewat jembatan itu ga ketemu-ketemu, ditinggalkan sajalah demi waktu yang terbatas. Setelah muter-muter dan ngambil beberapa gambar yang menarik hati, pukul 10.30 WIB menuju target berikutnya, yaitu Loji Sumedang atau apalah namanya, kawanku menyebut itu Loji.



Dari Jatinangor ke pusat Kabupaten Sumedang masih harus ditempuh dengan angkutan umum 04. Berwujud mobil carry berwarna coklat dengan pintu di samping kiri. Ongkosnya lumayan mahal, Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah), bisa dibayangkan dengan ongkos sebesar itu berapa jarak yang akan kita tempuh. Perjalanan akan ditempuh kurang lebih 1 jam, bisa lebih karena tukang angkotnya terkadang ngetem di daerah Tanjung Sari, plus kalo pas sore hari, akhir pekan pula akan macet karena jalur ini adalah jalur utama menuju Cirebon. FYI buat kawan-kawan sesama angkoters, pas mau naik 04 itu pastikan dulu abang angkotnya jalanin 04nya sampai Sumedang, karena biasanya mereka ada yang ga sampai Sumedang. Daripada di tengah jalan disuruh turun n ganti angkot lagi kan mending nanya heula (nanya doang g bayar ko…^^) Dalam perjalanan nanti, kawan-kawan akan disuguhi berderet-deret penjual peuyeum dan ubi kayu, bagi yang demen peuyeum dan ubi, monggo mampir, bagi yang susah kentut, monggo mampir juga, konon ubi bisa memperlancar aliran angin dalam perut, buat bekal maen kentut-kentutan sama kawan-kawan seperjalanan, hehe ^^ (ko hehe, hiiiiy jorok).

Selain peuyeum, perjalanan juga akan diiringi dengan nuansa gunung yang seger dan jalan yang sempit berkelok-kelok (bagi yang demen mabok kendaraan, disarankan untuk tidur atau membawa kresek yang banyak daripada jackpot di angkot bikin malu, hiiiy…^^). Bagi yang tahan banting, kurang lebih 45 menit dari Jatinangor sayang dilewatkan peninggalan pendirian jalur Daendels, yaitu patung Pangeran Kornel bersalaman dengan Daendels atau yang lebih tenar disebut dengan Cadas Pangeran. Maaf kawan-kawan, adegan ini dipending dulu, karena kemarin ga sempat mampir ke patung itu soalnya pas naik angkot jam menunjukkan pukul 12.00 dan perjalanan baru setengah jalan (angkotnya sesuai prediksi, ngetem di Tanjung Sari sampai bener-bener full baru berangkat), pikirnya lain kali lah maen lagi khusus edisi Cadas Pangeran. Singkat kata singkat cerita, nyampe di alun-alun Sumedang pukul 13.00 an, lebih dikiiit. Di alun-alun kami ngontak kawan yang kami sebutkan di atas, sambil nunggu dia cuci muka n Sholat dulu di Masjid Jami’. Setelah sholat kami check point dulu alias makan.

0 comments:

Post a Comment

Indonesia Barat